Hanya Ditegur Saja Pabrik Di Cimahi Buang Limbah Ke Sungai

Hanya Ditegur Saja Pabrik Di Cimahi Buang Limbah Ke Sungai – Unit Pekerjaan (Satgas) Citarum Harum Bidang 21 kembali lakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada pabrik yang buang sampah ke sungai pada Jumat (19/7/2019) malam.

Kesempatan ini, personil temukan air sampah berwarna hitam pekat serta panas di saluran Sungai Cimahi yang dibuang PT Benang Warna Indonesia. Sudah diketahui saluran Sungai Cimahi itu bersumber ke Sungai Citarum.

Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yusef Sudrajat menjelaskan, penemuan itu didapat waktu team sejumlah 12 orang lakukan patroli di lima saluran sungai di Kota Cimahi.

Menurut Yusef, pabrik yang beroperasi di sektor benang serta garmen sudah pernah memiliki komitmen tidak untuk buang sampah beresiko ke sungai.

“Ini ke-2 kalinya, faksi pabrik pernah buat loyalitas tidak buang sampah kotor ke sungai,” tutur Yusef waktu dihubungi, Sabtu (20/7/2019).

Personil juga selanjutnya tutup aliran sampah itu serta menyerahkan langkah seterusnya pada pihak kepolisian serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi.

“Jangan kucing-kucingan, sebab pada intinya kita tidak tidur. 24 jam akan patroli terus,” tuturnya.

Kepala DLH Kota Cimahi Mochamad Ronny membetulkan terdapatnya penemuan itu. Faksinya langsung berkomunikasi serta memeriksa langsung ke pabrik yang berkaitan. “Kita akan cek tempat,” katanya.

Menurut Ronny, berkaitan dengan pabrik yang lakukan pelanggaran pada ketentuan harus dipakai sangsi, terhitung pabrik yang membuat aliran pembuangan sampah ilegal sebab ada ketentuan yang telah diputuskan.

“Sanksinya yang kita beri ialah administratif atau tercatat, jika pertama perusahaan kita tegur dahulu. Kemudian pelanggarannya harus diperbaiki sesuai dengan ketentuan,” katanya.