Home / Nasional / Indonesia Tolak F-16 Buatan AS | Berita Nasional

Indonesia Tolak F-16 Buatan AS | Berita Nasional

Indonesia Tolak F-16 Buatan AS | Berita Nasional. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan penerbangan yang berproduksi di Amerika Serikat, yakni Lockheed Martin jauh-jauh berkunjung ke tanah air untuk merayu pemerintah agar mau membeli model teranyar F-16 kini sirnalah sudah. Pihak TNI AU menyatakan untuk menolak serta tetap akan melanjutkan rencana untuk membeli pesawat model Sukhoi Su-35 pabrikan Rusia.

Padahal sebelumnya, perusahaan yang bermarkas di negeri Paman Sam tersebut telah menawarkan beberapa keunggulan produknya yang sangat menggiurkan. Mulai dari negara nomor satu yang menggunakan F-16 Viper, sampai biaya operasional yang sangat terjangkau juga penggunaan teknologi tercanggih yang mereka terapkan pada produk buatannya.

Walaupun mendapat tawaran menarik, tapi tidak membuat TNI AU bergeming dari rencana mereka semula. Korps yang memgang semoyan ‘Swa Bhuwana Paksa’ itu tetap berpegang pada rencana awal, yang bakal mendatangkan Sukhoi Su-35 asal Rusia untuk mengganti F-5 Tiger II yang semakin tua.

Sikap pemerintah Indonesia tersebut pun menarik perhatian berbagai media di Rusia. Media-media di negeri beruang putih itu pun mengulas alasan kenapa Indonesia lebih memilih untuk merapat ke Blok Timur, ketimbang kembali ke pangkuan AS beserta sekutunya.

Bahkan, pemerintah Rusia juga sempat menganalisa beberapa alasan kenapa TNI AU lebih memilih bergabung dengan Rusia ketimbang membeli produk militer asal AS.

About admin

Agen Sbobet