Kapal Berbendera Australia Ditemukan Diperairan Sumba

Kapal Berbendera Australia Ditemukan Diperairan Sumba – Satu kapal Yacht berbendera Australia yang berisi 2 orang terbawa gelombang laut kala ada di perairan Sumba Timur, NTT. Kapal itu terombang-ambing mulai sejak Kamis (16/7) .

Kepala Kantor Penelusuran serta Pertolongan (Basarnas) Kupang, Emi Friezeer menuturkan, kapal berbendera Australia itu sepanjang 2 hari terbawa gelombang laut mulai sejak Kamis (16/7) jam 08. 00 wita. Kapal diketemukan club SAR pada Sabtu (20/7) jam 15. 00 wita.

” Sepanjang dua hari kapal itu terbawa gelombang laut kala ada di perairan Sabu. Kapal yang ditumpangi dua penumpang itu terbawa gelombang sampai ke lokasi perairan Sumba Timur, ” kata Emi Friezeer, Minggu (21/7/2019) .

Kapal Yacht yang dinahkodai Antoni Herito (WN Australia) serta ditumpangi Yotan (WN Indonesia) terbawa gelombang pada koordinat 09°41′ 52, 02 ” S 120°34’16, 92 . Dia menuturkan, club Basarnas Sumba Timur yang memperoleh infomasi terkait tersedianya momen yang membahayakan manusia itu langsung bergerak untuk melaksanakan operasi penelusuran ke tempat yang dikira tempat kapal ada.

Dalam operasi penelusuran pada Sabtu (20/7) club Basarnas sukses menemukannya kapal Yacht berpenumpang dua orang itu pada koordinat 09°53’31, 9 ” S 120°43’34, 8 E serta langsung melaksanakan evakuasi beberapa korban ke arah pantai Malolo yang ada tidak jauh dari tempat ke-2 korban diketemukan.

Kala diketemukan kata Emi Friezeer, nahkoda kapal Antoni Heritos dalam keadaan sakit sampai-sampai langsung dievakuasi club SAR ke Puskesmas Melolo di Kabupaten Sumba Timur untuk mendapatkan perlakuan medis.

Untuk didapati Kapal Yacht yang dinahkodai Antoni Heritos, sudah sempat diselamatkan club Basarnas Kupang sesudah diadukan hilang di perairan Sawu pada Selasa (9/7) lalu lantaran lambung kapal itu alami kebocoran.