Home / Uncategorized / Kemampuan Baca Warga Indonesia Di Urutan 60 Dunia | Mancanegara

Kemampuan Baca Warga Indonesia Di Urutan 60 Dunia | Mancanegara

Pihak Universitas Negeri Conneticut Pusat yang ada di Amerika Serikat mampu membuat sebuah pendataan mengenai kemampuan baca dalam sekitar 60 negara. Dimana hasilnya, Negara Indonesia ada dalam urutan 60, dan setingkat di atas Negara Bostwana, dan saat ini ada di bawah dari Thailand (59) serta juga Maroko (58).

Dimana Washington Post melaorkan jika ukuran kala dipakai CCSU kala menentukan peringkat di literasi global ini dari survey jumlah perpustakaan, lalu sirkulasi surat kabar, dan ketersediaan komputer meliputi akses internet, dan juga produk penelitian yang dilakukan universitas terkemuka di sebuah negara. Dimana hasil tes kemampuan dasar (PISA) dan juga tes membaca (PIRLS) dalam penelitian itu juga masuk jadi acuan peringkat.

Urutan tertinggi bangsa kala paling melek huruf serta memiliki kecapakan dalam membaca tertinggi yakni Finlandia. Kemudian Norwegia, Islandia, lalu Denmark, serta Swedia. Dan negara Nordik serta Skandinavia mampu ada dalam posisi lima besar tetatas dalam penelitian itu. Dan mereka juga mampu menyalip Amerika Serikat (7) kemudian Jerman (8), dan juga Inggris (17).

Dalam penelitian itu Negara Asia kala posisinya sangat tinggi dipegang oleh Korea Selatan (22), lantas kemudian ada  Jepang (32) sebagai urutan terbaik.

About admin

Agen Sbobet