Ternyata Berkebun Bisa Tingkatkan Kesehatan, Terlebih Kesehatan Mental

Ternyata Berkebun Bisa Tingkatkan Kesehatan, Terlebih Kesehatan Mental – Kerjaan berkebun dapat jadi kegemaran yang menarik. Terlebih kalau kerjaan itu dikerjakan oleh beberapa orangtua untuk isikan hari waktu pensiunannya. Sebab, menurut satu analisa beberapa waktu terakhir, berkebun bisa tingkatkan kesehatan, terlebih kesehatan mental.

Namun, analisa itu cuma diperlihatkan pada pria lansia saja, tidak untuk wanita lansia. Meski wanita relatif lakukan banyak kesibukan fisik serta menggunakan banyaknya waktu untuk lakukan pekerjaan rumah tangga keseharian seperti bersih-bersih serta memasak namun tidak merangsang kesehatan mental.

” Ketidaksamaan style kelamin dalam kesehatan mungkin saja terkait dengan style pekerjaan rumah tangga yang wanita kerjakan dengan berulang serta teratur, seperti bersih-bersih serta memasak. Meskipun ini mungkin saja mempunyai fungsi, tapi terbatas, tidaklah terlalu aktif dengan fisik, tidak sungguh-sungguh melakukan olahraga serta tidaklah terlalu merangsang mental, yang terkait dengan kesehatan fisik, ” kata Nicholas Adjei, peneliti dari Leibniz Institute for Prevention Research and Epidemiology di Jerman, seperti diambil dari Indian Express.

” Pria yang lebih aktif lakukan banyak pekerjaan rumah tangga, seperti berkebun yang mengerahkan tenaga fisik untuk menggali, memotong serta mengangkut tanah itu baik untuk kesehatan. Kami fikir berkebun serta melakukan perbaikan barang mungkin saja juga lebih mengasyikkan dari pada bersihkan, ” makin Adjei.

Untuk kepentingan analisa ini, peneliti melibatkan lebih dari 36. 000 pensiunan. Peserta diperintah untuk memberikan laporan terkait kesibukan keseharian serta kesehatan umum mereka. Kesehatan itu dihitung menurut jawaban peserta pada quesioner yang di dapatkan.

Akhirnya tunjukkan kalau pria tua yang lakukan pekerjaan di lebih kurang tempat tinggal seperti berkebun, perawatan barang maupun melakukan perbaikan barang relatif lebih sehat.